RSS

Metode Penipuan Model Baru (Lagi Trend Menjelang Lebaran)

30 Aug

Dalam rentan waktu seminggu ini saya beberapa kali dapat SMS penipuan dengan modus baru. Modusnya dengan minta tolong transfer, berikut saya cantumkan SMS yang masuk ke nomer saya, ada 3 SMS dari nomer berbeda, tapi inti dan maksud SMS nya sama:

  • SMS 1 – Ass wrwb, tolong usahakan Uangnya di kirim hari ini  ke Rek BNI: 0148518468 A/n TUSRINAH.Sms saja kalau sudah dikirim. Trims.
  • SMS 2Tolong di transfer aja ke rek Bni a/n H.Ano Sutrisno rek:0152925466 klo sudah di kirim sms aja ya!
  • SMS 3Tolong uangnya dikirim aja kesini BRI a/n ALIN NOVERLIN. No rek: 0188-01-050549-509. Sms saja klo sudah,trims.

Kalau kita lihat, ketiga SMS tersebut seolah-olah adalah orang yang kenal dekat dengan kita (bisa rekan, karyawan, saudara dll), dan meminta kita untuk transfer uang ke mereka.

Lalu, bagaimana cara mereka menipu kita?? Masih bingung atau udah pada ngerti?🙂
Minggu lalu, saya sempat ada deadline proyek, dan beberapa suplier luar kota minta pembayaran untuk segera dibereskan. Dan saya tentunya karena tidak bisa bayar cash, minta rekening mereka untuk pembayaran dari saya. Nha….yang jadi masalah, ketika saya meminta rekening ke salah satu suplier, tiba-tiba salah satu SMS diatas tadi masuk ke nomer saya. Dalam kondisi saya sedang minta nomer rekening, dan tiba2 ada orang yang SMS “Tolong uangnya dikirim aja kesini BRI a/n ALIN NOVERLIN, No rek: 0188-01-050549-509, Sms saja klo sudah,trims.”

Yaaaaak… Kalau kita tidak teliti, tentunya kita akan menganggap ini nomer rekening yang akan kita gunakan untuk transfer pembayaran. Padahal nomer rekening ini bukan milik supplier saya. Lalu saya konfirmasi ke supplier, dan ternyata….Benar, itu bukan SMS dari dia🙂

Alhamdullillah saya masih tetap diberi kewaspadaan oleh Allah, ini juga pentingnya konfirmasi, setelah melihat nomer pengirim dan ternyata beda dengan nomer supplier saya biasanya, saya sudah merasa aneh duluan. Dan ternyata benar, ada indikasi penipuan rupanya. Pada saat itu saya masih belum yakin ini metode penipuan, tapi ternyata, dalam beberapa hari berikutnya, saya dapat SMS serupa, dari nomer berbeda yang isinya sama persis seperti SMS tadi, ada sekitar 3 – 4 SMS.

Ketika saya mengetik tulisan inipun, saya sedang meladeni salah satu pengirim SMS tadi, dan sekarang saya benar yakin ini adalah modus penipuan. Berikut hasil SMS dengan pelakunya

  • Warna Background Merah -> Saya
  • Warna Background Biru -> Pelaku

Cukup lucu juga ketika dia mengaku-ngaku pemilik rekening bernama Hernawan Adi (Padahal ini punya saya :p), dan katanya jangan transfer ke rekening ini karena chipnya rusak <- alasan yang sangat tidak masuk akal hehe

Mengingat saat ini mendekati lebaran, sehingga arus transfer uang meningkat, baik itu untuk membayar suplier, bayar karyawan, transfer THR, atau untuk transfer-transfer kebutuhan yang lainnya menjelang lebaran. Ternyata ada segelintir oknum-oknum “cerdas” yang mencoba mengambil momen ini dan memanfaatkan kelengahan kita yang memang mungkin bagi beberapa orang yang arus transfernya cukup “sibuk” tadi. Semoga mereka segera diberikan hidayah supaya bisa kembali ke jalan yang benar dan tidak melakukan cara-cara yang dapat merugikan orang lain seperti ini. Jadi, berhati-hatilah kawan, semakin banyak orang/oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kelengahan kita saat ini, tetap waspada🙂

Sekian dulu ya, semoga bermanfaat, Happy Ied mubarak, Taqabbalallahu minna wa minkum, Mohon maaf lahir dan batin

Best Regards,

Hernawan Adi

 
3 Comments

Posted by on 30 August 2011 in Uncategorized

 

3 responses to “Metode Penipuan Model Baru (Lagi Trend Menjelang Lebaran)

  1. Mara Hajadi Noegroho

    30 August 2011 at 15:20

    Ini sms yang sangat menganggu akhir-akhir ini ke HP-ku… Seperti apa kata pepatah: Sepandai-pandai tupai melompat, anda toh bukan tupai. Cepat atau lambat anda pasti tertangkap….

     
  2. Falah

    6 September 2011 at 11:11

    Jangan jangan ini ada companynya juga ya, lahan bisnis penipuan

     
    • Hernawan Adi

      6 September 2011 at 19:52

      Mungkin🙂, di Tivi jg sering ada beritanya kok, tapi berupa sindikat

       

Leave a Reply

 
